Politik Perdagangan Internasional - Poppy S. Winanti

Politik Perdagangan Internasional

26 Feb 2013 / Hits: 2348

Jurusan Ilmu Hubungan Internasional
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Gadjah Mada


Minat Topik: Ekonomi Politik Internasional
Dosen: Riza Noer Arfani & Poppy S. Winanti
Jadwal: Senin, 12.30 – 14.30 R.BA201
Tutor: Nurfadhilah Afandy & Reza Ananta

Kuliah ini bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa mengenai salah satu kajian utama dalam studi Ekonomi Politik Internasional yaitu perdagangan internasional. Pada kuliah ini mahasiswa akan mempelajari sejarah kelahiran dan perkembangan rejim perdagangan internasional sejak berakhirnya Perang Dunia Kedua hingga negosiasi perdagangan terkini di bawah Doha Development Agenda. Dalam kuliah ini, mahasiswa juga akan diperkenalkan dengan beberapa studi kasus yang terkait dengan isu-isu  sentral dalam perdagangan internasional seperti misalnya isu pertanian, kesehatan, lingkungan, maupun new trade agendas.

Kuliah ini pada dasarnya bertujuan untuk:

  1. Memperkenalkan kepada peserta kelas mengenai konsep-konsep dasar maupun perkembangan-perkembangan penting yang terkait dengan perdagangan internasional terutama sejak perang dunia II berakhir.
  2. Memperkenalkan kepada peserta kelas mengenai peran dan tanggung jawab WTO, bagaimana rejim perdagangan dikelola di bawah WTO, serta bagaimana perselisihan perdagangan diselesaikan
  3. Memperkenalkan kepada peserta kelas mengenai isu-isu sentral dalam perdagangan internasional, bukan hanya isu-isu perdagangan tradisional namun juga non-tradisional seperti hak kekayaan intelektual.

Download silabus