Ekonomi Politik Sumber Daya Alam - Poppy S. Winanti

Ekonomi Politik Sumber Daya Alam

26 Feb 2013 / Hits: 2003

Magister Perdamaian dan Resolusi Konflik
Universitas Gadjah Mada


Jadwal: Setiap Kamis Pukul 09.30 WIB [Rg. 208 Gedung Pasca-Sarjana UGM]
Pengajar: Rizal Panggabean & Poppy S. Winanti

Ruang lingkup yang ditawarkan kuliah ini adalah isu-isu konfliktual dalam konteks pemanfaatan/penggunaan sumber daya alam dengan dimensi persoalan-persoalan berikut ini:

  1. Pembangunan ekonomi dan pengelolaan sumberdaya alam: bagaimana kegiatan dan usaha-usaha ekonomi, seperti investasi, industrialisasi dan perdagangan menggunakan sumberdaya alam yang sebagian terbesar terbatas dan langka.
  2. Pelestarian lingkungan hidup dan pemanfaatan sumberdaya alam: bagaimana nilai, ide dan beragam inisiatif untuk mencegah kerusakan ekologis, mengelola beragam dampaknya, melindungi keanekaragaman hayati, dan mempromosikan prinsip dan praktik pembangunan berkelanjutan (sustainable development) mengemuka, dikelola dalam konteks pemanfaatan sumberdaya alam.
  3. Konflik sumberdaya alam: konteks yang melatarbelakangi sengketa, perselisihan dan konflik dalam pengelolaan sumberdaya alam, bagaimana ia berlangsung dan dikelola.
  4. Governance sebagai pengelolaan konflik: bagaimana tata kelola pemanfaatan sumberdaya alam mengembangkan prinsip dan cara untuk mengatasi beragam perselisihan yang timbul dalam proses pembangunan ekonomi dan eksploitasi sumber daya alam yang kerap kali berseberangan dengan prinsip dan nilai-nilai keseimbangan ekologis.

Kuliah ini bertujuan untuk:

  1. Memberikan pengantar mengenai isu-isu konflik dan perang berdimensi pembangunan dan beragam usaha resolusinya, khususnya yang berkaitan dengan penggunaan dan pengelolaan sumberdaya alam
  2. Mengkaji keterkaitan antara pembangunan dan pengelolaan sumberdaya alam beserta konflik yang menyertainya dengan aspek pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan
  3. Memperkenalkan studi mengenai governance sebagai instrumen manajemen konflik sumberdaya alam
  4. Mengkaji konsep governance dan praktik-paktik best practices-nya dengan cara mengeksplorasi peran para pemangku kepentingan(stakeholders)-nya dalam konteks manajemen konflik sumberdaya alam

Download silabus