Membutuhkan Surat Rekomendasi? - Poppy S. Winanti

Membutuhkan Surat Rekomendasi?

Filled under: FYI / 13 Feb 2012 / Hits: 3398

Cukup banyak mahasiswa maupun lulusan HI UGM yang membutuhkan surat rekomendasi dari dosen, baik untuk keperluan melamar program beasiswa, melanjutkan studi, maupun melamar pekerjaan.  Pada dasarnya saya bersedia memberikan surat rekomendasi, sejauh saya mempunyai basis untuk memberi penilaian dalam menyiapkan surat rekomendasi yang dibutuhkan tersebut. Dalam hal ini, saya bisa memberikan surat rekomendasi, misalnya, bagi mahasiswa yang berada di bawah bimbingan saya ketika mengerjakan skripsi/tesis/kegiatan penelitian lainnya, pernah menjadi tutor kuliah yang saya ampu, menjadi peserta kuliah yang saya ampu, atau saya merupakan tim penguji skripsi/tesis dari mahasiswa yang bersangkutan.

Untuk membantu saya menyiapkan surat rekomendasi sesuai dengan kebutuhan, maka akan lebih baik jika beberapa dokumen berikut ini bisa dipersiapkan:

  1. Informasi singkat tentang tujuan Anda membutuhkan surat rekomendasi tersebut
  2. Informasi singkat tentang lembaga pemberi beasiswa dan universitas yang dituju lengkap dengan informasi mengenai program studinya (akan lebih baik jika ada informasi tentang website lembaga-lembaga tersebut yang bisa diakses). Jika untuk kebutuhan melamar pekerjaan, tentu saja informasi singkat mengenai perusahaan/institusi yang dituju serta posisi yang Anda lamar.
  3. Informasi lengkap mengenai bentuk surat rekomendasi yang dibutuhkan. Misalnya apakah dalam bentuk hardcopy yang diserahkan dalam amplop tertutup, dalam bentuk soft file yang bisa dikirimkan melalui email, atau bisa di-submit secara online langsung pada institusi yang dituju.
  4. Bagi yang telah menyelesaikan skripsi, sediakan informasi singkat (cukup 2-3 kalimat) mengenai skripsi yang ditulis dan judul (jika dibutuhkan dalam bahasa Inggris berikan juga judul bahasa Inggris sesuai yang tercantum dalam transkrip nilai)
  5. Copy transkrip nilai (bagi yang masih berstatus mahasiswa transkrip nilai terakhir)
  6. CV terbaru (semakin lengkap CV Anda akan semakin membantu saya menyiapkan surat rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda)


Di samping menyiapkan dokumen-dokumen tersebut, penting juga untuk diperhatikan mengenai tenggat waktu kapan surat rekomendasi tersebut perlu dikumpulkan. Berikan waktu yang memadai, setidaknya 1 minggu sebelum deadline. Waktu yang memadai, bisa membantu saya untuk menyiapkan surat rekomendasi sesuai kebutuhan Anda, terutama jika pada saat yang bersamaan saya juga mempunyai kesibukan lain yang sering kali tidak dapat dihindari.
 
Pidie, 10 Februari 2012
Poppy S. Winanti