Membuat Review Bacaan - Poppy S. Winanti

Membuat Review Bacaan

Filled under: FYI / 13 Feb 2012 / Hits: 12847

Di beberapa kuliah yang saya ampu, salah satu tugas yang menjadi bagian dari komponen penilaian adalah membuat review bacaan dari bahan bacaan kuliah yang telah disediakan. Untuk level S2, mahasiswa biasanya akan diminta untuk membuat review bahan bacaan dengan lebih kritis. Di silabus tiap mata kuliah, ada keterangan lebih lanjut mengenai  ketentuan teknis penulisan yang terkait dengan jumlah kata, jumlah halaman, dan informasi teknis lainnya.

Salah satu tujuan dari tugas tersebut adalah untuk ‘memaksa’ mahasiswa membaca bahan bacaan kuliah. Harapannya, dengan membaca bahan bacaan yang disediakan akan membantu mahasiswa dalam memahami materi kuliah. Tujuan lain dari tugas tersebut adalah untuk melatih mahasiswa membuat tulisan akademik sejak dini terutama untuk level S1. Harapannya, dengan membuat review bacaan akan membantu mempersiapkan mahasiswa dalam menulis esai/skripsi/tesis. Latihan menulis melalui pembuatan review bacaan juga akan sangat berguna terutama ketika nanti mahasiswa menyiapkan kajian pustaka (literature review) untuk kebutuhan skripsi/tesis mereka.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat tugas review bacaan tersebut antara lain:

  1. Review bacaan berbeda dengan membuat rangkuman bacaan. Membuat rangkuman hanya merupakan salah satu tahap dalam membuat review bacaan
  2. Mengingat sebagian besar bahan bacaan yang akan di-review adalah berbahasa Inggris, hindari untuk sekedar menerjemahkan (penting untung diingat, tulisan hasil terjemahan yang serampangan biasanya akan sangat kentara, apalagi jika Anda hanya sekedar menggunakan fasilitas penerjamahan gratis secara online)
  3. Pilih dan baca bacaan dari bahan bacaan yang disediakan dan pahami bahan bacaan tersebut secara utuh. Jika belum yakin bahwa Anda memahami bacaan tersebut secara utuh, ulangi lagi membaca bacaan tersebut
  4. Dari pemahaman Anda atas bacaan tersebut, buat rangkumannya secara ringkas: apa argumen pokok dan temuan menarik dari bahan bacaan tersebut . Dalam membuat rangkuman, tulis ulang argumen pokok dari bahan bacaan tersebut dengan kalimat Anda sendiri, jangan hanya sekedar copy dan paste (rangkuman cukup ditulis 1-2 paragraf tergantung batasan jumlah kata/halaman).
  5. Sampaikan opini Anda apakah setuju/tidak setuju dengan argumen pokok dari bahan bacaan tersebut. Perkuat opini Anda dengan contoh. Jika diperlukan, tambahkan sumber bacaan lain untuk memperkuat opini Anda (bagi mahasiswa level S1 tidak menjadi keharusan untuk menambahkan bahan bacaan lain tetapi akan menjadi nilai tambah jika Anda melakukannya).
  6. Bagi mahasiswa level S2, kritisi bahan bacaan yang Anda review dan dukung kritik Anda dengan bahan bacaan lain. Bandingkan dengan bahan bacaan lain yang terkait dengan tema yang diangkat dalam bacaan yang Anda review. Kaitkan juga argumen pokok dari bahan bacaan tersebut dengan tema-tema yang lebih luas yang dibahas di kelas.

Di samping ketentuan-ketentuan tersebut, perlu juga bagi Anda untuk memperhatikan dan mengikuti ketentuan teknis pembuatan review bacaan yang ada di silabus kuliah terkait.

Selamat membaca dan mengerjakan review!

Pidie, 10 Februari 2012
Poppy S. Winanti